Thursday, December 3, 2009

Bungkam Xerez, Barca Makin Tinggalkan Madrid

Barcelona semakin meninggalkan Real Madrid. Pada pertandingan tunggal Divisi Primera, Rabu atau Kamis (3/12) dini hari WIB, "El Barca" membungkam Xerez 2-0.

Di puncak klasemen, Barcelona kini mengumpulkan nilai 33, unggul 5 poin atas Real Madrid. Namun, Barcelona kini sudah bermain 13 kali, sedangkan Madrid baru 12 kali.

Bukan perkara mudah bagi Barcelona untuk memenangkan pertandingan karena Xerez berupaya sekuat tenaga untuk keluar dari zona degradasi. Bahkan, pada menit-menit awal babak pertama, gawang Barcelona yang dikawal Victor Valdes nyaris kebobolan. Xerez memiliki dua kesempatan emas untuk memimpin. Pada menit keempat, Fabian Orellana nyaris membobol gawang Barcelona andai saja Victor Valdes tidak sigap memblokir bola. Tiga menit kemudian, Carlos Calvo yang melakukan penetrasi mampu melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung, Valdes mengamankan bola.

Peluang ini membuat para penggawa "El Barca" terpacu untuk membalas serangan. Yaya Toure membuka peluang pertama dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, usaha Toure masih gagal karena penjaga gawang Xerez, Renan, sigap memotong bola. Pada menit ke-15, giliran Seydou Keita memotong sepak pojok Xavi. Namun, bola yang ditandukkannya masih melayang.

Meski begitu, Barcelona berhasil terus mendominasi permainan. Beberapa peluang emas pun kembali terjadi. Sialnya, tak satu pun peluang berbuah menjadi gol.

Pada babak kedua, Barca langsung menggebrak dan berhasil memimpin. Gol dicetak Thierry Henry pada menit ke-46, setelah menanduk bola hasil umpan silang Maxwell.

Tak puas dengan permainan anak asuhnya, Pelatih Josep Guardiola mengubah strategi. Ia memasukkan Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic, menarik keluar Bojan Krkic dan Pedro. Strategi ini cukup jitu. Pasalnya, serangan yang dibangun makin tajam.

Pada menit ke-68, Ibra nyaris menggandakan keunggulan. Sayang, tandukannya yang memanfaatkan umpan Xavi masih bisa dihalau kiper. Mendapat tendangan pojok, Ibra tak mau membuang peluang. Dia kembali menanduk bola. Namun, tandukannya kembali gagal mengenai sasaran.

Ancaman Ibra tidak berhenti sampai di situ. Pada menit ke-73, Ibra kembali melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sial, tendangannya masih melebar. Nasib sial juga dialami Rafael Marquez. Tandukkannya yang memaksimalkan umpan Xavi juga masih melebar.

Jelang masa injury time, Barcelona berhasil mengurung pertahanan tim tuan rumah. Messi dan Iniesta melepaskan tendangan. Kedua percobaan tersebut masih gagal menggandakan keunggulan. Barcelona baru berhasil menambah gol lewat aksi Ibra pada menit ke-90. Tendangan Ibra dari luar kotak penalti tak mampu ditahan Renan.

Susunan pemain:
Xerez:
Renan, Olivia, Gioada, Casado, Francis, Bergantinos, Yaya Keita, Bareio, Calvo (Antonito 57), Orellana, Sanchez (Armenteros 73)
Barcelona: Valdes, Chigrynskiy, Marquez, Maxwell,. Alves, Toure, Keita, Xavi, Henry, Krkic (Ibrahimovic 66), Pedro (Messi 56)

No comments:

Post a Comment