Wednesday, October 21, 2009

Guardiola: Barcelona Bukan Tuhan

- Pelatih Barcelona Josep Guardiola puas karena timnya belum terkalahkan menyusul hasil imbang 0-0 saat bertandang ke Valencia dalam lanjutan Divisi Primera, Sabtu (17/10). Meskipun demikian, Guardiola mengakui "El Barca" pasti mengalami kekalahan karena timnya bukan Tuhan.

Barca masih membuktikan menjadi tim yang superior pada musim ini. Dengan bermaterikan skuad yang tak jauh berbeda dari musim lalu, Barca tampil trengginas dengan menggebuk lawan-lawannya. Hingga jornada keenam, mereka menjadi tim yang tak terkalahkan.

Pada pekan ketujuh, Barca berniat memperpanjang rekor kemenangannya saat bertandang ke Stadion Mestalla, markas Valencia. Namun, harapan tersebut buyar karena "Kelelawar Mestalla" berhasil menahan Barca dan sekaligus mematahkan rekor kemenangan mereka.

Meski gagal mempertahankan rekor tersebut, Guardiola tidak kecewa. Bagi Guardiola, kondisi tersebut lumrah bagi sebuah tim. Pasalnya, tidak ada satu pun tim yang dapat membukukan kemenangan seratus persen.

"Kami datang untuk menang tetapi kami gagal karena kami membuat kesulitan sendiri. Kami tidak bisa memenangkan semuanya (38 pertandingan)," tegas Guardiola.

Pada laga tersebut, Valencia tampil sedikit lebih baik meskipun Barca unggul dalam penguasaan bola. Mereka memiliki kekuatan di setiap lini dan koordinasi yang rapi. Mengacu data statistik pertandingan, Valencia lebih banyak melakukan percobaan tendangan sebanyak 13 kali dan empat kali mengarah ke gawang. Sedangkan, Barcelona melalukan 12 kali percobaan dan hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Selain itu, Stadion Mestalla memang tak bersahabat bagi Carles Puyol dkk. Tiga pertemuan terakhir di Mestalla, Barca hanya mampu sekali menang, seri dan kalah. Guardiola mengakui Valencia memang sering merepotkan timnya.

"Liga sedang dalam proses dan kami masih stabil. Mereka sempat menyulitkan kami pada babak pertama, tetapi kami lebih baik saat di babak kedua. Valencia selalu menyulitkan kami sejak musim lalu," jelasnya.

Guardiola tak percaya bahwa hasil imbang ini menunjukkan titik kelamahan Barca bagi seteru-seterunya. Ia yakin pasukannya akan kembali ke jalur kemenangan.

"Saya tidak percaya tim-tim lain mengenal kami lebih baik (titik kelemahan) saat ini," tukasnya

No comments:

Post a Comment