Thursday, October 1, 2009

Barcelona Benamkan Kyiv 2-0

Barcelona mencatatkan kemenangan 2-0 atas Dynamo Kyiv dalam lanjutan babak penyisihan grup Liga Champions, Selasa (29/9). Dengan koleksi empat poin, Barcelona pun berhak menduduki singgasana klasemen Grup F.

Barcelona sempat kerepotan menghadapi Kyiv. Agresivitas dan militansi tim tamu membuat Barcelona kesulitan memainkan penguasaan bola. Aliran bola mereka juga sering terpotong di tengah jalan.

Meski alot, permainan itu cukup terbuka. Kedua kubu tak ada yang sangat ngotot bertahan. Setiap menguasai bola, masing-masing berusaha untuk menuntaskan serangan. Aksi saling ancam pun terjadi.

Pada menit ketujuh misalnya, Lionel Messi dan Seydou Keita berhasil melepaskan tembakan tepat ke gawang. Sayang, kedua eksekusi itu gagal membuahkan gol karena kiper Oleksandr Shovkovskiy berhasil mengeblok bola.

Kyiv juga berhasil menciptakan dua peluang emas di menit ke-20 melalui Atanda Yussuf dan Ognjen Vukojevic. Namun, Victor Valdes dengan gemilang bisa menggagalkan kedua upaya lawan.

Aksi saling ancam ini berakhir menyusul bobolnya gawang Kyiv oleh Messi di menit ke-25. Usai menguasai umpan Andres Iniesta, Messi menembus kotak penalti lawan. Dalam kawalan tiga pemain lawan, ia berhasil melepaskan tembakan keras ke sudut kiri bawah gawang Kyiv. Shovkovskiy sebetulnya berhasil menepis sepakan itu, namun bola malah semakin deras masuk gawangnya.

Gol itu mengangkat kepercayaan diri Barcelona. Mereka pun semakin percaya diri untuk kembali memainkan umpan-umpan pendek dan penguasaan bola. Dalam tempo lambat, mereka pun berhasil mengurung Kyiv di wilayah permainan sendiri.

Meski mendominasi, cukup sulit bagi Barcelona menciptakan peluang. Pasalnya, setiap kali mereka menyerang, lini tengah dan depan Kyiv dengan cepat mundur. Menumpuknya pemain di belakang, nyaris menyulitkan Barcelona melihat celah.

Namun, Barcelona tidak mau mengendurkan serangan. Dengan tenang, mereka menggulir-gulirkan bola dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya, untuk mencari peluang yang pas untuk menyelipkan serangan.

Kesempatan gol kedua Barcelona akhirnya datang di menit ke-39. Xavi Hernandez yang berhasil menyambut umpan Lionel Messi, menembakkan bola ke tengah gawang. Sayang, bola masih mengarah tepat ke pelukan Shovkovskiy.

Pada menit ke-42, Barcelona juga mendapat kesempatan menggandakan keunggulan melalui Andres Iniesta. Namun, kali ini, sepakannya melenceng ke sudut kanan gawang Kyiv.

Menjelang akhir babak pertama, Keita dan Dani Alves kembali menciptakan peluang bagus mencetak gol. Namun, usaha mereka kembali kandas di tangan Shovkovskiy. Barcelona pun harus puas mengakhiri 45 menit pertama dengan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, Barcelona menggebrak dengan cepat. Mereka pun berhasil menciptakan peluang gol melalui Zlatan Ibrahimovic. Sayang, sundulannya masih mengarah lurus kepada kiper Shovkovskiy.

Di menit ke-56 dan ke-57, Barcelona kembali mendapat peluang melalui Dani Alves dan Yaya Youre. Namun, tembakan keduanya masih belum bisa mengatasi keampuhan kibasan tangan Shovkovskiy.

Meski terus gagal, Barcelona terus berusaha menciptakan peluang gol. Akhirnya, pada menit ke-75, Barcelona berhasil menggandakan keunggulan melalui Pedro Rodriguez.

Gol bermula dari umpan Messi kepada Ibra. Melihat Pedro berdiri tanpa kawalan ketat di sisi dalam kotak penalti, Ibra meneruskannya. Dalam adangan seorang bek, Pedro dengan dingin melesakkan bola ke sudut kanan bawah gawang Kyiv.

Belum puas dengan dua gol tanpa balas, Barcelona terus saja menyerbu benteng Kyiv. Namun, setiap upaya mereka berhasil dikandaskan Kyiv. Laga pun berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk Barcelona.

Sepanjang pertandingan itu, Barcelona tercatat melakukan 11 tembakan tepat ke gawang dari 26 usaha. Sementara itu, Kyiv hanya mampu menciptakan dua peluang emas dari sembilan kali percobaan.

Susunan pemain
Barcelona:
Valdes; Puyol, Pique, Abidal, Alves; Toure (Busquets 67), Keita, Xavi; Iniesta (Pedro 45), Ibrahimovic (Suarez 84), Messi
Kyiv: Shovkovskiy; Almeida, Khacheridi, Magrao (Betao 73), Eremenko; Vukojevic, Yussuf (Ghioane 45), Yarmolenko, Gusev (Ninkovic 86); Shevchenko, Milevskiy

No comments:

Post a Comment