Thursday, September 10, 2009

Barcelona Sodorkan Kontrak Kosong untuk Pep

Barcelona ternyata tak sabar untuk menuntaskan kontrak baru pelatih Josep "Pep" Guardiola. Menurut El Mundo Deportivo, Barcelona sampai menyodorkan kontrak kosong supaya Pep bisa menuliskan apa saja yang harus dipenuhi klub supaya ia bertahan di Camp Nou.

Ketika menggantikan posisi Frank Rijkaard, 2008 silam, Pep hanya mendapat kontrak dua musim. Itu wajar mengingat saat itu, Pep hanya diplot untuk menjadi pelatih sementara, sampai Barcelona mendapatkan pelatih yang lebih berpengalaman.

Ternyata, pada musim pertamanya sebagai pelatih tim senior, Pep berhasil mengantar Barcelona meraih treble. Maka, wajar juga bila kemudian Barcelona ingin mengamankan jasa Guardiola untuk masa lebih panjang. Mereka siap mengikat Pep untuk jangka waktu empat sampai lima musim dengan gaji jauh lebih tinggi.

Uniknya, Pep tidak merasa tersanjung dengan sikap Barcelona. Menurutnya, perpanjangan kontrak dan gaji besar akan membuatnya lebih terbebani dan tidak bisa bekerja maksimal. Selain itu, ia merasa prestasinya di musim perdana belum menunjukkan kinerja yang sesungguhnya. Sejak awal, ia mengatakan, Barcelona bisa sukses karena memang sudah memiliki pemain dan sistem yang bagus dan bukan karena faktor pelatih.

Pep sendiri bukannya tidak ingin melatih Barcelona untuk jangka panjang. Hanya saja, ia merasa belum cukup matang. Karenanya, ia ingin menjadikan musim ini untuk melihat seberapa besar kapasitasnya sebagai pelatih sebelum memperbarui kontrak.

Ternyata, tak semua pihak di Barcelona menyambut baik sikap Pep. Mereka ingin buru-buru memastikan kelanjutan karier Pep di Camp Nou. Hal ini juga berkaitan dengan masa kerja Presiden Barcelona, Joan Laporta, yang akan habis pada 2010 mendatang.

Namun, karena sudah kehabisan akal membujuk Pep, Barcelona enggan melakukan negosiasi perpanjangan kontrak. Mereka membebaskan Pep untuk menuliskan jumlah gaji dan kondisi lain yang ia inginkan supaya bisa terus memimpin "El Barca".

Saat ini, Barcelona sudah memperbarui kontrak kerja semua staf. Hanya Pep dan asistennya, Tito Villanova yang belum menyatakan komitmennya kepada klub

No comments:

Post a Comment