Friday, August 28, 2009

Pedro Menangkan Barcelona

Barcelona melengkapi tiga gelarnya musim lalu dengan meraih Piala Super Spanyol setelah pemain pengganti Pedro R$odriguez mencetak gol kemenangan 1-0 atas Shakhtar Donetsk melalui extra time di Stade Louis II, Monaco, Jumat (28/8).

Musim lalu, Barcelona meraih trofi Liga Champions, La Liga Spanyol dan Piala Raja Spanyol sekaligus prestasi pertama yang mampu diraih klub Spanyol. Dan bagi Barcelona, trofi ini merupakan yang kedua di awal musim setelah pekan lalu membungkus Piala Super Spanyol.

Adapun Shakhtar maju ke laga ini karena statusnya sebagai juara terakhir Piala UEFA karena formatnya berganti menjadi Liga Europa mulai musim ini. Artinya, Piala Super Eropa musim depan akan mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa.

Barcelona turun dengan kekuatan penuh, termasuk striker Zlatan Ibrahimovic, di lini depan. Satu-satunya pemain yang absen adalah pemain bertahan asal Meksiko Rafael Marquez yang masih dibekap cedera.

Tak heran, Los Azulgranas bisa mendominasi penuh jalannya pertandingan. Serangan senantiasa mengalir dari pasukan Pep Guardiola yang melahirkan 17 tendangan ke gawang berbanding empat tendangan dalam waktu 90 menit. Tetapi seluruh peluang itu selalu mentok dihadang kiper Andriy Pyatov yang tampil sangat gemilang.

Selain itu, pertahanan Shakhtar sangat disiplin dalam menutup ruang tembak para pemain Barcelona. Ironisnya, bek tengah Shakhtar Dymytro Chyrgrynskiy justru segera pindah ke Barcelona setelah laga ini.

Pada menit ke-33, bola tendangan bebas pemain terbaik Eropa Lionel Messi jatuh di hadapan Xavi Hernandez. Namun Pyatov dengan cepat menutup ruang gelandang terbaik Eropa itu.

Aksi kiper Tim Nasional Ukraina itu yang paling mengagumkan adalah saat menggagalkan dua peluang beruntun Barcelona pada menit ke-74 ketika meninju bola yang akan disundul Messi dan menepis tembakan Thierry Henry.

Gagal terus menerus membuat sejumlah pemain Barca agak frustrasi. Bahkan Messi harus mendapat kartu kuning karena bersitegang dengan Darijo Srna saat peluangnya gagal menjadi gol.

Memasuki masa perpanjangan waktu, kendali permainan masih dipegang Barca. Tapi Shakhtar juga sempat meraih peluang ketika pemain pengganti Julius Agahowa bisa menembus pertahanan dan melepas tembakan sehingga memaksa kiper Victor Valdes memblok bola.

Tapi pada menit ke-112, Barca selayaknya unggul jika striker pengganti Bojan Krkic tak egois menyelesaikan peluang dari sudut sempit. Sedangkan bola tembakan keras Daniel Alves masih menyamping sedikit dari gawang Pyatov.

Namun di saat Shakhtar sedang mendapat "angin" karena berkali-kali bisa menahan gempuran Barca dan berharap pada adu penalti, pasukan Mircea Lucescu justru kebobolan.

Enam menit menjelang bubaran, permainan satu-dua sentuhan khas Barca yang sangat jarang muncul di laga ini akhirnya menjadi penentu. Kerjasama Pedro, yang main menggantikan Ibrahimovic, dengan Messi di antara barisan belakang Shakhtar langsung diselesaikan Pedro dengan tembakan menuju pojok gawang tanpa bisa dihalau Pyatov.

Gol pemain berusia 22 tahun itu sekaligus menjadikan Barca tak terkalahkan dalam tiga pertemuan dengan Shakhtar. Dua pertemuan sebelumnya terjadi di Liga Champions musim lalu. (Hdn)

Susunan pemain

Barcelona:
Victor Valdes; Daniel Alves, Gerard Pique, Carles Puyol, Eric Abidal; Yaya Toure (Busquet 100), Xavi Hernandez, Seydou Keita; Zlatan Ibrahimovic (Pedro 81), Lionel Messi, Thierry Henry (Bojan 96).

Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov; Darijo Srna, Olexandr Kucher, Dymytro Chygrynskiy, Razvan Rat; Tomas Hubschman, Ilsinho, Olexiy Gai (Kobin 80); Fernandinho (Jadson 80), Willian (Agahowa 90), Luiz Adriano.

No comments:

Post a Comment