Monday, August 3, 2009

Tim Muda Barca yang Menjanjikan

Reuters
Los Angeles - Mengandalkan pemain asing dengan harga selangit, Real Madrid belum meraih hasil meyakinkan di laga pra musim. Sementara Barcelona, yang mempercayakan pemain muda jebolan akademi klub justru tampil menjanjikan.

Madrid di musim panas ini menjadi sorotan publik di seantero dunia setelah melakukan belanja besar-besaran dengan mendatangkan sejumlah pemain top. El Real diantaranya melabuhkan Kaka, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema dalam waktu berdekatan.

Dalam beberapa pertandingan pra musim, bintang-bintang mahal Madrid sudah mulai dimainkan. Namun hasil yang didapat ternyata tak seperti yang diinginkan.

Cristiano Ronaldo bermain buruk saat Madrid cuma bisa menang tipis 1-0 dengan Shamrock Rovers. Dalam laga berikutnya di Peace Cup, skuad besutan Manuel Pellegrini bahkan diimbangi Al Itihad 1-1, sebelum akhirnya menang besar 4-2 atas LDU Quito. Namun di semifinal Peace Cup mereka dipecundangi Juventus dengan 1-2

Apa yang dilakukan Madrid sangat berkebalikan dengan rival bebuyutannya, Barca. Tim asal Katalan ini lebih memilih untuk fokus menggandalkan pemain muda didikan akademi klub di sejumlah laga pemanasan.

Barca memang juga melakukan pembelian besar di jeda transfer kali ini dengan mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dan Maxwell dari Inter Milan. Namun pemain internasional Swedia itu sama sekali belum diturunkan di ajang pra musim karena masih cedera.

Pep Guardiola lebih sering menurunkan pemain mudanya di starting line up sembari menyelipkan satu atau dua pemain bintang. Dan hasil dari strategi uji coba itu cukup memuaskan.

Pemain-pemain 'hijau' Barca mampu relatif tampil gemilang di setiap laga. Dan total tujuh gol yang dicetak Los Che di ajang pra musim, lahir dari sentuhan Bojan, Pedro, Rueda and Jeffren, yang merupakan pemain jebolan akademi klub.

"Pemain asli Barca telah menunjukkan hal itu. Ketika mereka diberi kesempatan, mereka dapat membuktikannya," tutur Xavi Hernandez yang memberikan pujian kepada 'adik-adik' kelasnya di situs resmi klub.

The Catalans awalnya cuma bisa bermain imbang 1-1 dengan Tottenham Hotspur pada ajang Wembley Cup. Namun mereka kemudian bangkit saat menghantam Al Ahly 4-1 dan terakhir memetik kemenangan 2-1 saat bertandang ke Amerika Serikat menghadapi LA Galaxy.

No comments:

Post a Comment