Thursday, August 20, 2009

Selangkah Lagi, Barcelona Juara Piala Super

BILBAO, KOMPAS.com - Xavi Hernandez dan Pedro Ledesma mendekatkan Barcelona kepada gelar Piala Super Spanyol. Keduanya mencetak mencetak gol yang membawa Barcelona menang 2-1 atas Athletic Bilbao 2-1 pada leg pertama Piala Spanyol di Stadion San Mames, Minggu (16/8).

Meski tidak diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Lionel messi, dan Andres Iniesta, Barcelona tampil menekan sejak menit awal. Namun, permainan defensif yang diperagakan Bilbao menyulitkan Thierry Henry dkk mengubah peluang menjadi gol.

Terus mendomnasi, Barcelona malah kecolongan oleh gol Bilbao yang diciptakan De Marcos pada menit ke-44. Setelah melepaskan diri dari penjagaan Gerard Pique dan Dani Alves, De Marcos menyontek bola masuk ke gawang Barcelona.

Barcelona segera merespons gol itu dengan melakukan serangan cepat. Namun, belum sempat menebar ancaman, mereka terpaksa menghentikan usaha menyusul berbunyinya peluit turun minum.

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung menggedor benteng Bilbao. Kali ini, mereka tidak banyak menemui kendala menembus lini belakang Bilbao, karena lawan sudah berani bermain terbuka.

Akhirnya, setelah menunggu hingga menit ke-58, Barcelona berhasil menyamakan kedudukan melalui Xavi. Ia berhasil membobol gawang Bilbao setelah meneruskan umpan dari Pedro.

Gol itu membuat pertandingan berjalan semakin terbuka. Bilbao termotivasi untuk merebut kembali kemenangan mereka. Sayang, keberanian mereka malah berbuah bencana. Pedro berhasil membobol gawang Iraizoz pada menit ke-68 dengan tendangan jarak jauh.

Keberhasilan membalik keadaan tak menghentikan Barcelona untuk terus menyerang. Mereka malah meningkatkan tempo permainan dan terus mendesak Bilbao.

Sementara itu, BIlbao sendiri seperti sudah enggan meladeni permainan ganas Barcelona. Perlahan, mereka kembali merapatkan barisan untuk mengurangi risiko terjadinya gol tambahan.

Dengan taktik itu, mereka memang tak lagi menciptakan peluang gol. Namun, mereka berhasil mencegah Barcelona mencetak gol tambahan. Skor 2-1 untuk Barcelona bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan skor 2-1, Barcelona memang semakin dekat dengan gelar juara. Apalagi, mereka akan bermain di kandang. Namun, Bilbao juga masih berpeluang membalik keadaan. Bila pada leg kedua Bilbao bisa menang 1-0 saja, maka merekalah yang akan tertawa paling akhir.

Susunan pemain:
Athletic Bilbao:
Iraizoz; Iraiola, Aitor, Ustaritz, Kili; Gurpegi, Orbaiz, Gabilondo (Castillo 65), De Marcos (Toquero 59), Susaeta; Llorente (Exteberria 72)
Barcelona: Valdes; Alves, Puyol, Pique, Abidal; Toure, Xavi (Busquets 81), Keita; Henry (Suarez 71), Pedro, Bojan

No comments:

Post a Comment